Rabu, 18 Desember 2013

(5) Jika produksi energi surya 8700 MWh dengan tarif pemerintah USD 25 cent/kwh, berapa Rp per tahun nilai produksinya? - Seri Rancang Bangun PLTS tenaga surya 100 KW - 10 MW



Buatlah tabel excel untuk perhitungan secara manual. Jika kita merencanakan memasang modul fotovoltaik sebesar 5000 KW-peak, maka kita harus menghitung berapa produksi kwh per tahun.

Dari kalkulasi tabel di dapat angka produksi 8700000 kwh. Jika menggunakan tarif yang telah ditetapkan pemerintah sebesar USD 25 cent / kwh, maka didapat angka USD 2.175 juta dollar per tahun ( jika dikurskan Rp 12000 maka menjadi Rp 26.1 milyar per tahun ).

Disini efisiensi P-ratio dihitung 75% untuk modul surya polycrystalline dengan sudut pemasangan 10 deg, modul surya produksi lokal dengan TKDN min 40%. Kemudian inverter adalah kwalitas IEC/UL internasional.

Pada umumnya perhitungan output energi surya ini dilakukan dengan software engineering seperti PVSYST, HOMER, SOLARGIZ. Silahkan google dan download software limited-nya.    

Efisiensi produksi sangat ditentukan dari jenis-kwalitas modul surya, posisi modul terhadap matahari, kwalitas inverter. Untuk modul surya polycrystalline dan inverter yang berstandar IEC/UL (internasional), maka efisiensi dapat diperoleh 77% - 80%.

SOAL : Buatlah tabel kalkulasi diatas untuk kota Ambon dan kota Manado dengan masing-masing kapasitas 5 MW dan 2 MW ?? Berapa produksi MWH ? Berapa angka produksi spesifiknya kwh/kwp/tahun ??  



DOWNLOAD FILES :

Untuk mendapatkan file PDF dan Excel dari 9 seri file Rancang Bangun PLTS ini, silahkan click link berikut :  






http://www.ziddu.com/download/23508204/TABEL_KALKULASI_IRADIASI_ENERGI_SURYA.xlsx.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar